ADAB-ADAB KOMUNIKASI LEWAT TELEPON
1. Mengecek kebenaran nomor yang dituju sebelum menelpon sehingga anda tidak mengganggu orang lain karena salah sambung.
2. Memilih waktu yang tepat karena setiap orang memiliki kesibukan masing-masing.
3. Tidak berpanjang lebar dalam pembicaraan yang tidak ada tujuan karena khwatir orang yang dihubungi sedang dalam keadaan sibuk.
4. Hendaknya seorang wanita tidak melemah lembutkan suaranya ketika berbicara melalui telepon dan tidak berbicara bebas dengan laki-laki.
5. Orang yang menelepon hendaknya memulai dengan salam begitu juga ketika menyudahi pembicaraan.
6. Tidak menggunakan telepon orang lain kecuali setelah minta izin.
7. Tidak merekam pembicaraan orang lain tanpa seizinnya, karena ini merupakan bentuk penghiantan dan menyebarkan rahasia orang.
8. Tidak menggunakan telepon untuk tujuan-tujuan yang bertentangan dengan tujuan telepon, karena telpon adalah diantara nikmat Allah yg diberikan kepada kita untuk memenuhi kebutuhan kita. (Tidak menggunakannya untuk perkara yang haram)
(📚Muntaqa Al Adab Asy Syari'yyah, Syaikh Majid Sa'ud Al Ausyan 93)
0 Response to "ADAB-ADAB KOMUNIKASI LEWAT TELEPON"
Post a Comment