MEMBUNUH KUCING AKAN SIAL ??

Pertanyaan
Saya ingin bertanya, tadi saya ga sengaja menginjak kucing yg masih kecil karna gelap. Kucing itu udh kejang2 kyk sekarat gitu. Tp saya liat2 dia masih bergerak masih bisa bangunin kepala. Sampai saat ini saya liat blm mati. Dan katanya kalo kita bikin kucing mati bakalan sial ustadz tp keadaannya ini tidak disengaja. Mohon penjelasannya ustadz. Terimakasih

Jawab
Membunuh kucing atau menginjaknya jika lakukan tanpa di sengaja maka hal itu insyaallah di maafkan, namun jika di lakukan dengan sengaja maka ia berdosa, Kemudia telah tersebar keyakinan di kalangan masyarakat bahwa barang siapa yang membunuh kucing dengan cara menabrak, meninjak hingga mati akan tertimpa sial. Maka ini perlu kita luruskan. Keyakinan seperti ini adalah keyakinan Tidak benar kita tidak boleh menyakininya karena segala sesuatu yang terjadi di dunia ini sudah allah tetapkan sejak zaman azali 50.000 tahun sebelum allah menciptakan langit dan bumi, bukan karena sebab kita membunuh kucing. Meyakini Keyakinan ini adalah termasuk perbuatan syirik kecil.

Karena ini termasuk perbuatan tathayyur, yaitu menjadikan sesuatu sebagai sebab kesialan atau keberhasilan suatu urusan, padahal Allâh Subhanahu wa Ta’ala tidak menjadikannya sebagai sebab yang berpengaruh.

Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam
الطِّيَرَةُ شِرْكٌ

"Melakukan Ath-thiyarah adalah kesyirikan”. (HR Abu dawud, dan Ibnu majah).

Dan masih banyak lagi keyakinan yang semisal ini di tengah masyarakat kita diantaranya adalah,
Kupu kupu masuk rumah akan ada tamu
Mata kedutan akan dapat uang
Ada suara burung gagak akan ada orang meninggal di sekitar situ, dll. semoga kita semua di jauhkan dari keyakinan2 seperti ini.  Wallahu a'lam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MEMBUNUH KUCING AKAN SIAL ??"

Post a Comment