A. PENGERTIAN I'TIKAF
I'tikaf secara bahasa bermakna menetap pada suatu tempat. (Kamus Mishbahul Munir II/434 dan Lisanul Arab Ibnu Manzhur IX/252)
Sedangkan pengertian i'tikaf secara Syar'i adalah berdiam di dalam masjid yang dilakukan seseorang dengan tatacara yang telah di tentukan oleh syari'at. (Subulus salam syarh bulughul maram Bab i'tikaf)
B. DALIL PENSYARIATAN I'TIKAF
I’tikaf disyari’atkan berdasarkan dalil dari Al Quran, sunnah, Berikut dalil-dalil pensyari’atannya.
1. Dalil dari Al Quran
Firman Allah ta’ala,
وَعَهِدْنَا إِلَى إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ أَنْ طَهِّرَا بَيْتِيَ لِلطَّائِفِينَ وَالْعَاكِفِينَ وَالرُّكَّعِ السُّجُودِ
“Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: “Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i’tikaf, yang ruku’ dan yang sujud.” (Al Baqarah: 125).
وَلا تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ
*“(tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam masjid.” (Al Baqarah: 187).*
2. Dalil dari sunnah
a. Hadits dari Ummu al-Mukminin, ‘Aisyah radhiallahu ‘anhu, beliau mengatakan,
أَنَّ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يَعْتَكِفُ الْعَشْرَ الأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ ، ثُمَّ اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ
*“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan hingga beliau wafat, kemudian para istri beliau beri’tikaf sepeninggal beliau.”(HR Muttafaqun alaihi)*
b. Hadits dari sahabat Ibnu ‘Umar radhiallahu ‘anhu, beliau mengatakan,
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَعْتَكِفُ الْعَشْرَ الأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ
*“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.”(HR Bukhari Muslim)*
*C. HUKUM I'TIKAF*
Hukum i'tikaf adalah mustahab atau sunnah, akan tetapi bisa juga menjadi wajib karena nadzar, maka ia wajib menunaikan nadzarnya.
*C. SYARAT SYARAT I'TIKAF*
Para ulama menyebutkan beberapa syarat sah i'tikaf. Dianatara syarat tersebut adalah:
1. Beragama Islam
Berdasarkan Firman Allah Ta'ala dalam surat At Taubah ayat 18.
*Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian seperti tetap mendirikan sholat menunaikan zakat dan tidak takut kepada siapapun selain kepada Allah*
2. Berakal
Sebab orang yang tidak berakal tidak terbebani hukum syari'at.
3. Mumayyiz
I'tikaf tidak sah jika dilakukan oleh anak kecil yang blm mumayyiz ( belum bisa membedakan antara yang haq dan yang batil dan sebagainya)
4. Niat
Niat merupakan asas dari sebuah amalan sebagaimna Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
*Sesungguhnya setiap amalan itu tergantung pada niat dan setiap amalan seseorang itu tergantung dengan apa yang di niatkan.*(HR Bukhari-muslim)
5. Suci
Yakni seseorang harus suci ketika memulai itikaf. Oleh karena itu i'tikaf tidak sah jika di lakukan oleh seorang yang sedang junub, haid atau nifas.
6. Hanya di syari'atkan di dalam masjid.
Hal ini berdasarkan Firman Allah Ta'ala
*Janganlah kamu campuri mereka itu sedang kamu beri'tikaf di dalam masjid.*(Al Baqarah : 187)
7. Hendaklah i'tikaf dilakukan di masjid Jami'
Hal ini dimaksudkan agar seorang yang sedang i'tikaf tidak keluar untuk melaksanakan sholat berjama'ah bagi laki laki atau untuk melaksanakan shalat jum'at . Dasarnya adalah hadis riwayat Aisyah radhiyallahu anha :
*"janganlah beri'tikaf kecuali di masjid jami'.* (HR Al Baihaqi dengan sanad yang shahih dan Abu Dawud dengan sanad yang hasan)
8. Shiyam
Namun pendapat ini masih di perselisihan diantara para ulama ada dua pendapat dalam masalah ini.
1. Tidak sah beri'tikaf kecuali dengan berpuasa.
2. Tidak di syaratkan harus berpuasa namun di sunahkan saja.
*Namun pendapat yang terkuat adalah yang menyatakan puasa bukanlah syarat sah i'tikaf.*
9. Bagi wanita, memperoleh Izin dari suami dan aman dari fitnah.
‘Aisyah radhiallahu ‘anha. Dia mengatakan,
قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَعْتَكِفُ فِى كُلِّ رَمَضَانَ ، وَإِذَا صَلَّى الْغَدَاةَ دَخَلَ مَكَانَهُ الَّذِى اعْتَكَفَ فِيهِ – قَالَ – فَاسْتَأْذَنَتْهُ عَائِشَةُ أَنْ تَعْتَكِفَ فَأَذِنَ لَهَا فَضَرَبَتْ فِيهِ قُبَّةً
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa beri’tikaf di bulan Ramadhan. Apabila beliau selesai melaksanakan shalat Subuh, beliau masuk ke dalam tempat I’tikaf. (Salah seorang perawi hadits ini mengatakan), “Maka ‘Aisyah pun meminta izin kepada nabi untuk beri’tikaf. Beliau pun mengizinkannya dan ‘Aisyah pun membuat kemah di dalam masjid.”(HR Bukhari No. 1936)
*D. KETENTUAN WAKTU I'TIKAF*
I'tikaf boleh di lakukan baik untuk jangka waktu yang lama maupun untuk jangka waktu yang singkit, baik siang maupun malam. Ini pendapat jumhur ulama.
Namun menurut Imam Malik minimal satu malam. *Dan inilah pendapat yang paling kuat minimal satu malam.*
*E. PEMBATAL PEMBATAL I'TIKAF*
1. Keluar dari masjid dengan sengaja tanpa uzur syar'i.
2. Gila dan mabuk
3. Murtad
4. Haid dan Nifas bagi kaum wanita.
5. Bersetubuh
6. Bercumbu dengan istri.
*F. HAL HAL YANG BOLEH DI LAKUKAN KETIKA I'TIKAF*
1. Keluar masjid untuk menyelesaikan keperluan yang mendesak, seperti buang air besar dan kecil, dll.
2. Membuat kemah kecil di sudut masjid sebagai tempat i'tikaf.
3. Kaum wanita boleh mengunjungi suaminya yang sedang i'tikaf di dalam masjid.
4. Makan, minum dan tidur di dalam masjid dengan catatan menjaga kebersihan.
5. Berbicara kepada orang lain untuk keperluan sesuatu.
6. Melepas kepulangan keluarga yang memjenguk
7. Memakai wewangian
*AMALAN AMALAN DI TEMPAT I'TIKAF*
Diantara beberapa amalan yang baik di amalkan ketika i'tikaf adalah :
1. Membaca Al-qur'an
2. Banyak berzikir
3. Memperbanyak do'a
4. Memperbanyak istighfar
5. Tadabbur dan tafakkur
6. Memperbanyak mengerjakan shalat shalat sunnah
7. Muhasabah. Wallahu a'lam.
0 Response to "RINGKASAN FIQIH I'TIKAF"
Post a Comment